Cara Mudah Membedakan Burung Sikatan Rimba (SRDC) Jantan dan Betina

promo shopee
Sikatan rimba dada coklat (SRDC) diprediksi para kicau mania saat ini sedang naik daun. suaranya yang mengalun dan bervariasi membuat burung mungil ini menjadi pesaing tledekan gunung. selain harga yang lebih murah dibandingkan tledekan gunung, burung yang memiliki bahasa lain Rhinomyias olivacea tersebut juga punya penyebaran yang luas di dunia khususnya indonesia sehingga mudah didapatkan.
SRDC yang paling terkenal adalah bali karena corak warnanya yang tajam serta dipercaya memiliki variasi suara yang bagus dan banyak. namun itu semua tergantung kepada rawatan kita. burung dari keluarga Muscicapidae, dari genus Rhinomyias ini adalah burung yang suka dengan serangga. populasinya biasa ada di hutan jawa, bali, sumatra dan kalimantan. namun admin sendiri lebih sering menemui burung ini di pasaran dengan jenis bali dan jawa timur (tledekan jati). padahal burung ini tersebar juga di sunda dan malaysia.
untuk lebih jelas ciri dan habitatnya kalian bisa melihat langsung di wikipedia srdc daripada saya menulis ulang di blog ini karena disini saya akan membahas mengenai ciri jantan dan betina burung SRDC yang hampir kicau mania belum mengetahui dengan pasti perbedaannya.
Perbedaan burung SRDC jantan dan Betina menurut komunitas SRDC dan Sulingan Nusantara :
burung SRDC Jantan :
  1. Kepala Cepak mirip kopral
  2. alis mata tidak menyambung
  3. paruh terlihat panjang dan lurus
  4. mulut / paruh bagian dalam berwarna hitam
  5. bulu ekor memiliki warna coklat kemerahan
  6. body agak panjang mata besar dan menatap tajam
  7. kuku kaki berwarna hitam saat dewasa
burung SRDC Betina :
  1. Kepala bulat cantik
  2. alis mata menyambung sampai pangkal paruh
  3. paruh agak membengkok
  4. mulur / paruh bagian dalam ada putih-putihnya dan pink
  5. bulu ekor coklat
  6. body bulat ekor agak pendek, matanya lentik cantik
  7. kuku kaki berwarna pink / putih saat dewasa
Perbedaan Jantan / Bety dari Gambar :
perbedaan srdc jantan dan betina

ciri srdc jantan dan betina1


ciri diatas hampir 80-90 persen tingkat akurasinya. namun diatas hanya ciri untuk burung sulingan rimba dada coklat yang berusia muda sampai tua. untuk yang masih trotol 1 – 2 bulan sulit sekali membedakannya kecuali anda memang pakar di bidang SRDC. oleh sebab itu lebih baik anda bergabung dengan komunitas burung di daerah anda atau lewat facebook sebelum membeli SRDC.
Sekian artikel dari kami mengenai Cara Mudah Membedakan Burung Sikatan Rimba (SRDC) Jantan dan Betina yang sudah dirangkum dari berbagai literatur. anda bisa memulai membeli burung ini walaupun lombanya masih belum ada. namun untuk menghiasi dan mengisi suara di rumah saat anda menonton piala dunia atau lagi nyantai, burung ini sangan merdu karena suaranya nyuling.
Peralatan spare part Otomotif Terlengkap

Postingan populer dari blog ini

Free Download Deep Freeze 7 + Serial Number 38 Mb

Cara Baru Daftar BBM di Android

Cara Setting IDM agar Download Semakin Cepat

Random Post

Recent Posts