Kelomang Makan Apa? Nih Cara Ampuh Merawat Agar Hidup Lama

promo shopee

Tahukah kalian jika ada 2 jenis kelomang secara garis besar, yaitu kelomang laut dan kelomang darat. kelomang darat inilah yang sering kita temui disekitaran sebagai binatang peliharaan di dekat sekolahan SD dan pasar yang sering dijual juga dengan rumah dari spon gabus.

Kelomang darat adalah binatang yang hidup di sekitar pesisir pantai. Biasa disebut hermit crab atau kepiting pertapa. kenapa pertapa? baca sampai selesai nanti akan tahu kenapa sebutan ini disematkan ke kelomang darat. binatang ini memiliki nama lain yang berbeda juga di setiap daerah. ada yang menyebutnya umang-umang, kumang, kalaumang, pongpongan dan sebagainya. kalau di tempat kalian menyebutnya dengan nama apa sih? komen dibawah ya?

Kelomang darat

Menurut sumber wikipedia, kelomang adalah binatang yang memiliki perut asimetris dan tinggal di bekas cangkang keong laut lho. makanan kelomang bisa beraneka ragam. di alamnya mereka menunggu buah kelapa tua jatuh dari pohon dan dimakan bareng bersama - sama baik itu yang beukuran kecil hingga besar. selain itu daun ketapang juga favorit apalagi pohon ini sering ditemui di pesisir pantai dan di dalam hal budidaya, daun tersebut juga dipakai penghobi ikan cupang lho sebagai media terapi dan kesehatan.

Makanan dan Minuman Kelomang Darat

Seiring berjalannya waktu karena kelomang darat sering dijadikan peliharaan, maka makanannya juga bisa menyesuaikan, dikarenakan mereka hewan pemakan segala atau omnivora. jadi kelomang dapat makan sayur - sayuran, wortel, timun, bayam, kangkung, kecambah. lalu untuk buah - buahan, favorit mereka adalah buah kelapa, pepaya, apel. selain sayur dan buah, udang, cangkang telur, tulang sotong juga dibutuhkan untuk memenuhi kalsium mereka. apalagi mereka adalah binatang yang membutuhkan tulang kuat karena termasuk krustasea.

Sebagai catatan tambahan, meskipun kelomang adalah binatang omnivora bukan berarti semua bisa dimakan seperti manusia ya. tapi ada bahan makanan yang gak boleh dimakan, yaitu semua makanan yang mengandung minyak berlebih. sebab itu bisa menutupi insang mereka.

kelomang juga binatang yang membutuhkan air. walau tidak bisa hidup di air, kelomang darat membutuhkan air untuk berendam dan mendapatkan kelembaban tertentu di insang mereka. jadi lebih baik jika kalian memelihara kelomang, pastikan disediakan 2 jenis air, yaitu air tawar dan air laut. dan di wadahnya disediakan pula panjatan untuk kelomang naik dan turun ke air tersebut.

cara merawat kelomang

Selain sebagai tempat berendam, air laut juga bisa sebagai tempat mereka bereproduksi lho. kawanan telur dan bayi kelomang akan terbawa arus di perariran laut, kemudian membesar dan mencari cangkang kosong dari keong dan siput laut untuk kemudian mereka balik ke daratan dan hidup menjadi terestrial.

Cara Memelihara Kelomang Darat Agar Hidup Lebih Lama

Untuk memelihara kelomang yang baik dan layak, yang utam adipersiapkan adalah crabitat atau wadah kelomang. di wadah ini diwajibkan memiliki tinggi minimal 30 cm agar kelomang bisa naik dan turun tempat panjatan.

crabitat yang baik harus setidaknya memiliki faktor berikut ini, diantaranya :

1. substrat pasir campur cocopeat 5 banding 1 dan pasirnya setinggi minimal 2 kali dari tinggi kelomang terbesar kalian.

Buat kelomang gunakan pasir bangunan atau pasir pantai yang sudah disaring halus. sehingga memudahkan mereka saat proses molting (ganti kulis luar / eksoskeleton). pasir silica, pasir malang, atau dari pecahan koral kurang aman digunakan karena bentuknya tajam dan kurang bisa menahan kelembaban air.

2. dua jenis air yaitu tawar dan air laut (bukan air campur garam dapur)

3. kayu dan batu sebagai tempat memanjat dan sembunyi


4. penutup wadah. ini penting agar kelembaban di dalam crabitat konstan

5. disarankan ada higrometer untuk mengukur kelembaban dan suhu. kelembaban minimal 80% dan suhu 80 fahrenhait atau 30 derajat celcius.

6. makanan diberikan silih berganti antara makanan kering, buah, sayur dan sebagainya.

7. tersedia "shell shop" yaitu kumpulan cangkang cadangan buat kelomang agar saat mereka tumbuh besar atau ketika cangkang yang lama bolong, bisa ganti ke yang baru tanpa berebut dengan temannya.

berikut ini contoh variasi cangkang yang bisa jadi koleksi kalian


beberapa seller cangkang juga banyak di temui pasar sebelah pantai. atau kalau kalian lebih suka rebahan dan memilih belanja online, ada beberapa toko rekomendasi di tokopedia, lazada dan shopee, diantaranya:

Shopee : Toko EzAdventure

Tokopedia : Toko Kelomangdaratindo

Lazada : Toko "kelomang darat indonesia"

ketiga toko diatas, adminnya sungguh baik dan responsif lho, jadi kalau kalian pengen pelihara kelomang yang baik, hubungi mereka saja yang sudah direkomendasikan beberapa kelomang lovers

Dibawah ini adalah contoh perlengkapan crabitat sederhana via short youtube:


nah kondisi crabitat tersebut bisa kalian ini beberapa kelomang. misalkan saja ada wadah container box atau aquarium ukuran 50 liter mampu terisi hingga 5 kelomang besar. dan membersihkan kandang tidak perlu setiap hari. cukup bersihkan 1-3 bulan sekali saja. bisa dengan mencuci bersih media pasirnya atau tinggal membolak balikkan saja.

Spesies Kelomang Di Indonesia

Untuk spesies sendiri kelomang memiliki ratusan jenis. namun di Indonesia paling sering di temui ada 6 spesies. diantaranya adalah

1. Coenobita Perlatus

2. Coenobita Brevimanus

3. Coenobita Violascens

4. Coenobita Rugosus

5. Coenobita Cavipes

6. Coenobita Lila

beberapa jenis lain seperti coenobita variabilis dan spinosus juga ada dipelihara keeper indonesia dari daratan australia, namun keberadaannya masih sulit ditemukan. oh ya, dari semua jenis ini masih banyak jenis yang masih belum diidentifikasikan lho. kalau kalian beruntung, bisa tuh bantu mengidentifikasi dan memberi nama baru buat spesies yang belum di bukukan secara ilmiah.

Keunikan dan Mistos Kelomang Darat

Tahu gak sih, dijaman kecil orang jaman dulu, dengan memberikan udara dari nafas kalian ke umang yang tidur bisa membangunkan mereka lho. saat kita bilang "haaahh" kelomang akan keluar. tahukah kalian apa penyebabnya??

Kelomang Darat keluar cangkang

kelomang adalah binatang yang suka kelembaban dan udara sejuk, saat kalian memberi nafas "haaahh" tersebut, maka keluar CO2 yang hangat dan membuat mereka bangun untuk mencari kelembaban yang pas. jadi itu tanda mereka gak nyaman ya, jadi jangan sering dilakukan, apalagi sampai kecapit nanti bibir kalian.

Kelomang juga jarang bergerak bahkan dikira mati. jangan salah dulu, kelomang adalah binatang pertapa, jadi mereka mampu bertahan gak makan dan mnum karena sudah ada persediaan air di dalam cangkangnya. mereka mampu berpuasa 30 hari lebih ketika memasuki fase molting. di fase ini mereka terlihat seperti mati.

jadi apa tanda tanda kelomang mati? kelomang yang sudah tidak selamat biasanya bau menyengat. jika tidak ada bau, jangna dibuang ya karena bisa jadi mereka lagi fase ganti eksoskeleton.

Oh ya, satu lagi. kelomang adalah binatang nokturnal. aktif di malam hari saja. jadi kelomang jangan dijemur. itu akan membuat mereka dehidrasi dan meninggal karena gak bisa nafas. ingat insang kelomang butuh selalu lembab. jadi jangan salah pelihara ya.

Peralatan spare part Otomotif Terlengkap

Postingan populer dari blog ini

Free Download Deep Freeze 7 + Serial Number 38 Mb

Cara Baru Daftar BBM di Android

Cara Setting IDM agar Download Semakin Cepat

Random Post

Recent Posts