Cara Baru Supaya Artikel Cepat Terindex Google

Pemberitahuan!!

Mohon dengan sangat Untuk Tidak Melakukan Copy-Paste pada Artikel ini. Tindakan tersebut sangat dibenci oleh Blogger. Sehingga Jika Anda melakukan Co-Pas Artikel, kemungkinan besar Blog Anda akan TERHAPUS dari GOOGLE tanpa saya melapor kepada google DMCA. Sayangilah Blog Anda. Terima kasih.

Cara Baru Supaya Artikel Cepat Terindex Google

Cara baru Supaya artikel cepat terindex google – Panduan agar artikel baru cepat terindex google – Tutorial supaya postingan cepat masuk google – cara mudah agar artikel cepat diindex oleh search engine merupakan sebuah cara baru andie yang saya kemas menjadi beberapa langkah mudah dan sudah saya buktikan sendiri.

Cara baru Supaya artikel cepat terindex google

Jika anda mengalami kesulitan ketika mempublikasikan artikel baru, tetapi search engine khususnya google tidak segera mengindex artikel anda tersebut, maka silakakan baca terus cara mudah yang saya berikan ini. Sebenarnya, semakin tinggi pagerank, maka semakin cepat pula artikel itu terindex di google. Tetapi itu bukan suatu patokan yang menentukan. Karena blog saya ini masih tidak mempunyai pagerank tetapi artikel saya bisa terindex hanya dalam satu menit saja. ini referensi saya untuk melihat Cara Baru Mengetahui Tingkat Seo Blog yang kadang saya pelajari untuk membuat blog disukai google. mungkin anda mau juga mencobanya.

Pada dasarnya, Tanpa kita melakukan optimisasi SEO, semua artikel yang anda tulis pada suatu website / blog akan terindex di Search Engines Google secara sendirinya. tetapi untuk mempercepat index Google tersebut serta menempatkan artikel kita menuju puncak dari search engine google, Anda perlu melakukan beberapa cara agar artikel anda disukai google. Berikut ini akan saya berikan cara dalam mempercepat artikel anda terindeks oleh mesin pencari google.

Cara baru Supaya artikel cepat terindex google:

Cara baru Supaya artikel cepat terindex google:


    1. Membuat Artikel yang Unik.

    Maksud dari artikel unik adalah artikel yang benar-benar baru dan fresh bukan hasil dari jiplakan atau copy paste. Kalaupun anda copy paste trik dari blogger lain. setidaknya ubah lah kata – katanya sesuai karakter anda. Jika sekedar copy paste mentah – mentah. maka anda akan bersiap dengan ancaman lain dari DMCA. Dan artikel atau bahkan blog anda akan terhapus dari google

    2. Alamat URL artikel usahakan jangan terposotng.

    Untuk pengguna blogspot seperti saya, sekarang kan sudah ada fitur Custom Permalink (URL khusus ), Anda bisa menggunakan fasilitas dari blogger tersebut untuk memaksimalkan kata kunci / keyword dalam url anda.

    3. Melakukan Ping URL setiap selesai menerbitkan artikel baru

    Ping ini bertujuan untuk memanggil Search Engines dan Rss directories bahwa blog anda sudah diupdate, sehingga artikel baru anda akan segera diproses dan dapat dimasukkan dalam google dengan cepat. beberapa situs untuk melakukan Ping artikel adalah “googleping.com” dan “www.blogsearch.google.com/ping”.

    4. Memasukkan Artikel ke social bookmaring

    Dengananda memasukkan url postingan artikel Social Bookmark. selain mendapat backlink dari sana yang membuat google semakin cepat mengindeks seluruh isi konten artikel blog, anda juga akan mendapat bantuan traffic pengunjung.

    5. Jalan – jalan ke blog orang lain ( Blogwalking )

    Berkunjung ke blog sahabat dan blog orang lain serta bverkomentar disana, akan meningkatkan link url anda. Apalagi jika anda sering berkomentar di blog yang dofollow. Dipastikan url artikel anda akan semakin kuat dalam search engine result page (SERP).

    6. Konsisten dalam menerbitkan Artikel

    Ini adalah kunci utama dari sekian cara baru agar artikel anda cepat terindex google. Usahakan jika blog anda baru, anda menerbitkan artikel setiap hari atau cukup 2 – 3 hari sekali. Jangan menerbitkan artikel terlalu sering dalam sehari lalu tidak menerbitkan sama sekali pada hari berikutnya. Itu dianggap mencurigakan Oleh search engine google

    Cukup 6 cara baru saja yang saya berikan kali ini. sebenarnya banyak juga tutorial seperti postingan saya ini saat anda googling. dan satu lagi, untuk mengecek apakah artikel anda sudah terindeks pada saat anda selesai memposting apa belum, anda bisa menggunakan Cara Baru Mengetahui Artikel Sudah Terindeks Google yang pernah saya terbitkan

    Sekian artikel saya pada kesempatan kali ini yang membahas Cara baru Supaya artikel cepat terindex google. Semoga dapat menambah pengetahuan dan referensi anda dalam blogging. Terima kasih sudah menyempatan membaca tulisan saya ini.
    Share this article :

    143 komentar:

    1. makasih sob, blog ane susah sekali di index google, bahkan kadang sampe 1 hari baru di index...

      ReplyDelete
      Replies
      1. oh ya?
        mungin update artikelnya kurang konsisten sob

        Delete
    2. maksudnya Memasukkan Artikel ke social bookmaring apa ya

      ReplyDelete
      Replies
      1. maksud saya bookmarking sob..
        "k" nya hilang
        sorry yaa

        Delete
    3. ikut belajar ngeblog ndan
      matur-tengyu ilmunya

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama sama bang, semoga bermanfaat yaa

        Delete
    4. zob kalaw cara memasukkan url postingan artikel Social Bookmark bagaimana ya?? masih newbi!

      ReplyDelete
      Replies
      1. Caranya, sobat tinggal daftar dahulu sebagai member, setelah daftar, sobat bisa memasukkan artikelnya kesana dengan tombol submit yang sudah disediakan

        Delete
    5. makasih ya gan ini sagat membantu bagi saya yang newbie

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama sama sob, semoga dapat menambah pengetahuan tentang cara artikel cepat diindex google ini yaa

        Delete
    6. gan, saya gak ada nerapin-nerapin seperti cara diatas, blog saya sudah sangat cepat terindeks google nih buktinye asli

      https://lh5.googleusercontent.com/NuPXdgKor3yGZW37sHfsKudYjgTjprpqp9grw4cl9q0=w660-h207-p-no

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah cepat sekali yaaa..
        Boleh dibagikan juga gan untuk sobat blogger yang lain cara nya
        :D

        Delete
    7. "Dengan anda memasukkan url postingan artikel Social Bookmark. selain mendapat backlink dari sana yang membuat google semakin cepat mengindeks seluruh isi konten artikel blog, anda juga akan mendapat bantuan traffic pengunjung."

      Caranya gmna gan msukin url postingan ke artikel Social Bookmark?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pertanyaan sobat sudah pernah saya jawab pada balasan saya di atas..
        Anda cari saja daftar social bookmark, kemudian daftarkan diri anda sebagai membernya, maka tombol submit url akan bisa anda gunakan. sebagai contoh social bookmark indonesia yang terkenal adalah beritapilihan(dot)com dll

        Delete
    8. sebenarnya cara sama aja dengan yang lain cuman beda bahasa aja ci, tapi mayan jadi tau triknya hehe..., ni gimana mo blogwalking atau komen kalo tiap blog ada tulisan Jangan memasukkan Link Aktif dan URL??ape dee....

      ReplyDelete
      Replies
      1. Berkomentar kan bisa meninggalkan open id didalam profil, itu juga bisa menambah link balik ke homepage blog sobat, dengan open id juga nanti admin bisa segera kunjungan balik dengan cepat sehingga menambah trafik sobat

        Delete
    9. blog saya jadi lambat index, soalnya waktu sebelum blog saya ganti template cepet,, tapi setelahnya jadi lambat... padahal template seo.

      coba tambahin link internal postingnya jadi kan robot google bisa mendeteksi link posting juga... hehehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau templete berat menurut saya juga berpengaruh terhadap peringkat serp aja..

        Kalau untuk nambahin internal link sudah saya cakup dalam Cara baru membuat artikel yang Seo.. :D

        Delete
    10. Kalau pake sitemap bukannya juga bikin cepet terindex ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya sob, bener banget, itu merupakan cara lama yang sangat efektif sekali.. terima kasih atas masukannya

        Delete
    11. makasih gan, udah tak coba. ma'lum masih newbi.

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama sama sob, saya juga masih newbie
        :D

        Delete
    12. satu lagi gan banyak2 tongkrongin google answer , disitu bisa kita tempel tuh link blog kita biar cepet dapet backlink dari google

      ReplyDelete
      Replies
      1. Untuk google answer, bisa juga
        tapi hati hati jangan terlalu banyak menaruh link..
        bisa bisa akun email google anda akan dihapus (belajar dari pengalaman pribadi)
        :D

        Delete
    13. saya juga newbie nih.. thanks banget infonya boss

      ReplyDelete
    14. makasih infonya sangat bermanfaat bagi saya sebagai pemula

      ReplyDelete
    15. makasih bangett infonya,,, sangatt membantu.. :)

      ReplyDelete
    16. saya lagi belajar bikin blog untuk jualan nih mas :) makasi petunjuknya.. kalo boleh saya bisa tanya-tanya langsung sangat membantu thanks btw

      ReplyDelete
      Replies
      1. silakan saja lihat contact us diatas sob
        :D

        Delete
    17. makasih gan infonya,sangat bermanfaat...

      ReplyDelete
    18. artikel nya joss gandos gan,,hehhe

      ReplyDelete
    19. ane langsung praktek yang nomer 6... nice post

      ReplyDelete
    20. jika sering ping, di blakslist ama google ga sob?

      ReplyDelete
      Replies
      1. yaa bener sekali cukup beberapa hari sekali saja, jangan sering sering memanggil robot crawl lho

        Delete
    21. gan saya sangat berterima kasih karna telah beri solusi agar posting blog saya cepat ter index google wasalam

      ReplyDelete
      Replies
      1. Terima kasih kembali ya.
        Waalaikum salam

        Delete
    22. Boos saya mau naya ?
      1.Jumlah karakter untuk penulisan Blogger pengaruh gag buat terindek google,?
      2.Terus setiap saya masukan URL di sitemap selalu gagal ya ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Saya akan coba jawab ya..
        1. Iya sangat berpengaruh artikel yang baik berisi 500 - 800 kata atau lebih dari 2500 karakter dengan spasi, tetapi tetap isi dari konten yang paling utama

        2. Memasukkannya di Webmaster tools maksudnya??
        Sitemap tidak perlu dimasukkan secara manual. anda cukup memasukkannya sekali maka seluruh artikel lama dan baru otomatis terindex di google. cara memasukkannya lihat di >> http://cara-baru-andie.blogspot.com/2013/04/cara-baru-memasukkan-sitemap-blog-ke-google.html

        Semoga membantu

        Delete
    23. Boleh dicoba ni gan tips-nya... thnks z.. salam kenal dari saya yg baru belajaran ngeblog kemarin.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal juga sob. semoga membantu dan salam blogger

        Delete
    24. semoga bermanfaat.. ya

      silahkan kunjungan nya di tunggu

      sahabat-indonesiaku[dot]blogspot[dot]com

      ReplyDelete
    25. bro yang di masukan dalam ping itu,link webnya atau link postingnya?

      ReplyDelete
    26. artikel ane susah banget masuk Search engine gan, semoga dengan cara di atas bisa teratasi,

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya sekarang memang google sedang selektif dalam memilih artikel yang baik dan mengandung spam, sehingga lebih lama dalam mengindeks, kecuali jika blog tersebut memang sudah dapat otoritas dalam topik / tema artikel tertentu

        Delete
    27. wah sangat bermanfaat bagi blog baru saya gan

      tapi kok belum keindex ya blog saya?

      tolong cek ya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Jika blognya masih baru memang butuh proses dari search engine untuk mengindeks blog anda sob

        Delete
    28. makasih infonya sob,,postingannya bagus

      ReplyDelete
    29. Ok deh sob tanpa basa basi langsung deh saya terapkan cara cara di atas

      ReplyDelete
    30. Bagaimana dengan alogaritma Google terbaru saat ini ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. tidak berpengaruh sob, karena cara diatas semuanya adalah white hat SEO

        Delete
    31. thanks om, langsung praktek hehe..
      btw, gimana cara membuat model komentar di blog punya om ini? kalau berkenan buatin tutorialnya :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. cara nya sudah banyak di google sob yang share, kalau ada waktu saya akan share juga

        Delete
    32. Kayaknya Udh di jalanin semua tp masih Belum muncul di google search OM kenapa ya????

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau blognya masih baru, sulit sob, karena perlu pengenalan dahulu

        Delete
    33. Makasih Sob Tips Nya ... Tipsnya yang Ini Lebih Simpel Dan Mudah Dimengerti :)

      Tapi Saya Ini Orangnya Rada - Rada Pemalas Sob ... Untuk Update Artikel Aja Harus Nunggu Modd Baik Dulu :)

      Semoga Aja Blog Saya Bisa Seperti Blog Sobat Suatu hari Nanti ... Amin

      ReplyDelete
      Replies
      1. hahaha, saya juga pemalas, tidak semua cara diatas selalu saya pakai,

        aamiin, semoga sama sama dapat yang terbaik yaa

        Delete
    34. Makasi bro tipsnya uda lama gk blogging jdi pada lupa triknya hehehe :p

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya sama sama- semoga lekas balik ingatannya
        hehee

        Delete
    35. lw punya saya 3 Hari baru terindex nya, tapi langsung masuk pej 2. kenapa lama banget ya..??
      hehe

      ReplyDelete
    36. boleh jg ne gan untuk dipraktekkan

      ReplyDelete
    37. wah artikel ane kena sanbox ne..ribet dech

      ReplyDelete
    38. Dede Arip Hidayat= Jika blog baru dan artikel masih sedikit memang harus sabar sob
      Rido Manik = Silakan sob
      Wibi Alwi Surya Kuncoro = kenapa sampai begitu, segera cari tahu penyebab kemudian langsung acton. jangan sampai terhapus

      ReplyDelete
    39. wah sip tips yang anda berikan gan patut di jadikan panutan tenks infonya sangat berguna bagi ane yang masih newbe

      ReplyDelete
    40. makasih sob infonya

      izin simak sob

      ReplyDelete
    41. makasih kak infonya, sekarang udah nambah lagi nih pengetahuannya

      thank's kak

      ReplyDelete
    42. thx sob...
      kalau boleh tau link Social Bookmark
      apa ya ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Social bookmark itu adalah suatu situs yang bisa digunakan untuk subnit url artikel kita kedalamnya.

        makasi untuk yang lain ya.. maaf tidak bisa membalas satu persatu

        Delete
    43. makasih sob ...
      sangat bermanfaat. saya coba ya..

      ReplyDelete
    44. dah pasti lah 1 menit yang lalu,. tuh keliatan dari SS nya kalau History dan chache nya masih ada belum di bersihkan,.

      ReplyDelete
      Replies
      1. memang belum saya bersihkan itu yang jadi SS, tapi hasilnya sama saja kug..
        Jika anda sudah menerbitkan artikel lalu chachenya tidak dibersihkan, bisa tidak tampil langsung semenit di SERP?? itulah sebenarnya pertanyaan yang bener
        :D

        Delete
    45. sudah seminggu ini google tidak menjamah blog gue

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kenapa itu sob??

        saya juga bingung, 2 hari ini trafik menurun drastis

        Delete
    46. ini baru tip yang sangat mengesankan - mudah dipahami - makasi banyak Gan

      ReplyDelete
    47. mau tanya om, kalu keseringan ping url pa ga di anggap spam. trus menambahkan coment facebook ke blog baik ga buat optimalisasi seo. trima kasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya benar, paling tidak ya seminggu sekali. atau tidak usah juga tidak apa jika artikelnya sudah mencapai 15an. saya sendiri jarang ping bahkan sudah tidak pernah

        kalau komentar apapun itu asal kan tidak spam dan memberi dofollow aman saja. Komentar lewat FB itu nofollow jadi tetap aman.
        namun anda juga harus selektif menerbitkan komentar. usahakan komentarnya sejenis dengan apa yang anda terbitkan

        Delete
    48. kalau cerdas semua pasti negara kita ini akan lebih maju

      ReplyDelete
    49. Mkasih banyak,, artikel ini sangat bermanfaattt.. :)

      ReplyDelete
    50. makasih infonya gan. salam kenal

      ReplyDelete
    51. Baru bisa bikin blog,baru bisa ngasih komentar,susah,maklum cuma pakai hp, harus terus ngorek bloger, lama2 bisa sendiri kayanya

      ReplyDelete
    52. sangat membantu thx
      salam blogger :)
      softwikiablogspot

      ReplyDelete
    53. Makasih brow, masih tahap belajar nii

      ReplyDelete
    54. Terimakasih atas tutorialnya mas..info yang bagus

      ReplyDelete
    55. ane dulu buat seperti ini gan artikel nya. malah, dimana saya nge post artikel baru, ngga sampai semenit udah terindeks. tapi, skarang beda karena ane udah vakum setahun. algoritma nya sudah lain, nge indeks pun hampir satu jam. mohon solusi nya gan

      ReplyDelete
    56. gelombang otak, printertip, info-kamicom, muhammad fahliadi, Ali Hasan, Garda Pengetahuan, Aldi Toys, Aditya Wahyu, Riviera Aryata, Firmansyah = Makasi ya sobat semua sudah mampir untuk berkomentar juga

      Starter DhanieL Admin = Iya mungkin karena vaku itu sob, sementara sekarang dan dari dulu kan yang diutamakan adalah update rutin. untuk solusi ya cara yang sidah saya bagikan diatas itu sob

      ReplyDelete
    57. ane udah terapin pake sitemap , tapi kok lama ya ??

      ReplyDelete
      Replies
      1. itu juga tergantung dengan seberapa rutin anda update artikel baru yang fresh tidak copy paste

        Delete
    58. Wah mantap sob artikel nya, sangat membantu untuk saya yang masih pemula ...

      ReplyDelete
    59. sip...sobat, makasih tutorialnya..hehehe

      ReplyDelete
    60. Dewi Maslahah dan Arwoja Soboningrat = terima kasih kembali

      Nasrullah Halim = oh ya? syukur deh kalau berguna ya :)

      ReplyDelete
    61. terima kasih gan infonya, tapi itu apa bisa cepat langsung ke index di google ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya, masih berlaku sampai sekarang walau update google sudah berubah soalnya cara diatas adalah white hat seo

        Delete
    62. tanya lagi tanya lagi:Submit di social bookmarking:::url home page apa url setiap kita posting baru Mas????makasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. URL artikel, setiap kali anda selesai posting.
        beberapa sumber ada yang menyarankan tunggu beberapa hari baru sebmit artikel ke SOSBOK, namun ada juga yang langsung setelah posting, memasukkannnya ke sosial bookmarking

        Delete
    63. @Mas Andie,
      Terimakasih banyak atas infonya, saya bau bertanya mas di point ke 3 mas menjelaskan bahwa "Ping artikel adalah “googleping.com” dan “www.blogsearch.google.com/ping”." nah saya pernah baca2 juga mas katanay jangan terlalu sering nge ping nanti disangka spam sama google? Mohon sarannya mas hehe makasih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Benar sekali dengan sumber yang anda baca, terlalu sering memang akan dinilai sebagai spam oleh google, apalagi jika artikel anda terbitnya sehari sekali. melakukan ping memang untuk sekarang dianjurkan seminggu bahkan sebulan sekali. atau anda tidak perlu melakukan ping juga tidak apa apa, karena algoritma google yang semakin canggih

        Delete
    64. Ciremai89 - Mantap nih, berguna banget info nya, bukan cuma page yang ini tapi page" yang lain nya juga, melengkapi proses seo yang sedang gw jalanin.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Silakan melihat di kategori seo yang ada di blog ini ya
        :D

        Delete
    65. udah dilakuin semua gan.. tp msh ttp lama ni terindex hehe
      mmpir gan di blog ane yaa ^^

      ReplyDelete
      Replies
      1. update artikelnya sudah rutin daan tidak copy paste kah??

        Delete
    66. ini yang saya cari2,mau saya pratekin dolo.
      mksih ilmunya sob :)

      ReplyDelete
    67. Good info gan..
      Sangat membantu untuk pemula seperti saya..
      thanks artikelnya..

      ReplyDelete
    68. Thanks gan infonya, tapi blog ane yang baru artikelnya lama di indeks. tapi karena membaca artikel ini akan saya coba

      ReplyDelete
    69. mantap artikelnya...
      ane pelajati dulu yakk...
      artikelnya sangat membantu bagi pemula kek ane :D
      terima kasih sudah share..!!!

      ReplyDelete
    70. Gannn Kenapa Blog saya Jarang Terindexxx,,,,

      solusinya Gmana ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Marthayadi, ade, usman = terima kasih kembali, semoga langsung berhasil ya..
        Yuda = pertama, lihat dulu tutorial dimana saya sudah memberikan cara melihat artikel terindex apa belum, disana ada 3 cara.. jika di 3 cara tersebut artikel anda lama terindex, perhatikan kualitas kontennya, copas atau tidak.. kontinuitasnya gimana apakah terlalu sering dalam sehari atau malah dalam beberapa bulan sekali. dan perhatikan juga topik yang diusung di blog mas yuda, usahakan artikelnya juga setopik

        Delete
    71. mantap infonya gan... sangat berguna sekali...

      ReplyDelete
    72. Sangat membantu sekali artikelnya mas andie untuk saya yang masih pemula salam kenal mas
      Tolong bimbingannya yaa.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Andy88 = makasi kembali sob, joky y = salam kenal juga ya sob

        Delete
    73. makasih gan sangat berguna bagi saya

      ReplyDelete
    74. Replies
      1. terima kasih juga ya untuk kang bima dan binyamin yang uda mampir

        Delete
    75. ooh, jadi kita minimal posting 2-3 hari seklai ya pak, sekarang saya baru paham
      terimakasih atas ilmunya, salam kenal dari blog baru

      ReplyDelete
      Replies
      1. salam kenal juga.. iya yang penting rutin dan fresh artikel (bukan copas)

        Delete
    76. Kalau manggil robot google, supaya tidak mencurigakan dalam 1minggu maksimal berapa kali mas andie..? Kalau keseringan juga tidak bagus katanya kan? malah bisa sampai diblack list juga ya..?

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya benar.. sebenarnya saat ini pemanggilan robot sudah tidak diperlukan lagi.. jadi biarkan saja senatural mungkin. kalau memang anda butuhkan agar artikelnya cepat diindex, ya 2 kali saja maksimal dalam seminggu setelah posting artikel atau update

        Delete
    77. terimakasih informasinya, saya mau tanya, sebelumnya slam kenal ya..
      Apakah panjang judul postingan mempengaruhi seo? trmksh..mohon pencerahanya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tentu saja, karena sepengetahuan saya, panjang maksimal yang telah ditentukan untuk lebih SEO adalah 60 karakter dengan spasi

        Delete
    78. ada beberapa yang tidak saya mengerti, yang pertama melakukan ping URL dan memasukkan artikel ke social bookmarking.

      ReplyDelete
      Replies
      1. mudah sob arif, melakukan ping dan memasukkan artikel ke sosbook itu sama aja. namun sekarang ada program ping yang dilakukan dengan cepat ke semua situs ping. kalau submit ke sosbook artinya kita memasukkan halaman url ke dalam situs situs bookmarking. macam macam situsnya bisa googling sendiri ya karena banyak yang sudah membagikan di google

        Delete
    79. Replies
      1. oke sob, terima kash sudah berkunjung disini

        Delete
    80. lumayan ribet ya gan...heheh
      nyimak dulu aja

      ReplyDelete
      Replies
      1. mudah sekali gan, sekarang tidak perlu submit uda masuk sendiri

        Delete

    Terima Kasih sudah berkunjung,
    Berkomentarlah sesuai dengan yang dibahas dan Jangan Memasukkan LINK yaaa..

    Salam Berbagi..

     
    Support : Google
    Copyright © 2013. Cara Baru Andie - All Rights Reserved
    Template Created by Creating Website Published by Kompi Ajaib
    Proudly powered by Blogger